Microsoft 'Bunuh' Windows 8

Microsoft Bunuh Windows 8

Jakarta - Pengguna sistem operasi Windows 8 diharapkan segera melakukanupgrade. Microsoft dikatakan telah membunuh sistem operasi tersebut karena tidak akan lagi memberikan update sekuriti untuk Windows 8.

Dikutip detikINET dari Computerworld, selain tidak lagi memberikan pembaharuan sekuriti di Windows 8, browser Internet Explorer 10 dan 11 juga mendapatkan perlakuan sama. Artinya, user harus upgrade setidaknya ke Windows 8.1 atau rentan kena serangan hacker dan ancaman lainnya.

Padahal Windows 8 baru diluncurkan tahun 2012. Tapi memang ia dianggap sebagai sistem operasi yang gagal sehingga mungkin Microsoft ingin agar pengguna segera beralih ke versi yang lebih baru.

Sebenarnya, pemakai komputer Windows 8 masih cukup banyak. Net Applications menyatakan kalau market share Windows 8 masih di kisaran 3%. 

Microsoft pernah menyatakan kalau ada 1,5 miliar komputer yang menjalankan Windows. Artinya 48 juta di antaranya masih memakai Windows 8. Sedangkan Windows 8.1 jumlah pemakainya di kisaran 8,1% dari keseluruhan komputer Windows.

Seiring kemunculan Windows 10, pengguna Windows 8 atau 8.1 semakin menurun. Apalagi Windows 10 dapat diunduh gratis bagi pengguna sistem operasi lama yang legal.


(fyk/ash)

© 2017, Digital Innovation Lounge

Please publish modules in offcanvas position.