Mungkin sangat sulit bagi sebuah StartUp yang baru dibangun atau masih tahap ideation untuk bisa bertahan dan berkembang. Tahapan paling sulit dalam mempertahankan sebuah StartUp terjadi pada fase dimana sebuah Startup masih mencari pasar dan customer atau bahkan investor. Karena tidak bisa dipungkiri dana merupakan salah satu hal paling penting untuk mempertahankan serta mengembangkan sebuah StartUp.

Sebagai mahasiswa yang sedang mencoba untuk membuka peruntungan dibidang StartUp, tentu mentoring session sangat diperlukan. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai acuan bagi StartUp muda untuk menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Peserta Mentoring Session StartUp Hub (2) adalah StartUp para mahasiwa yang memenangkan acara Hult Prize UGM yang memang sudah bekerjasama dengan DILo Jogja sebelumnya. DILo Jogja memfasilitasi para juara pada lomba Hult Prize UGM dengan mentoring session yang akan diadakan secara berkala.

Mentoring Session pertama bagi para StartUp yang memenangkan lomba Hult Prize UGM jatuh pada hari Rabu, 07 November 2018. Pada sesi kali ini, materi yang disampaikan oleh mentor yakni Manager DILo Jogja adalah seputar Value Proposition Model untuk sebuah StartUp.

Value Proposition Model sendiri terbagi menjadi beberapa kategori. Diantaranya adalah:

  1. Customer Segmen : Sebuah StartUp harus mengetahui segmen pasar mana yang akan dijadikan target pasar. Sangat penting untuk mengetahui segmen pasar agar jenis produk yang kita buat bisa sesuai dan memiliki peminat.
  2. Customer Pain: Problem dari orang banyak merupakan hal yang harus StartUp perhatikan. Alangkah lebih baiknya, StartUp yang kita buat adalah sebuah problem solving atas masalah yang dirasakan oleh kebanyakan orang tersebut. Karena selain bisa bermanfaat, sebuah StartUp yang dibuat atas dasar problem yang dirasakan banyak orang juga bisa diminati dan laku di pasaran.
  3. Customer Gain: StartUp yang dibutuhkan oleh customer akan menjadi StartUp yang memiliki progress baik dan income yang tinggi juga. Customer yang merasakan manfaat atas sebuah produk yang dimiliki sebuah StartUp pasti akan rela untuk mengeluarkan uangnya demi menggunakan produk dari StartUp tersebut.

Setelah menganalisa ke tiga faktor tersebut, saatnya bagi sebuah StartUp untuk menentukan produk apa atau jasa apa yang akan dibuat. Hal tersebut bisa dilakukan setelah sebuah StartUp bisa menentukan product list, Business Model Canvas dll.

Kami berharap, StartUp baru bisa mengimplementasikan langkah langkah yang dianjurkan dan telah disampaikan oleh mentor pada Mentoring Session StartUp Hub (2) kali ini dan hal tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

 

© 2017, Digital Innovation Lounge

Please publish modules in offcanvas position.